Kamis, 15 Juli 2010

Kursus Jurnalistik

Sabtu kemarin, bertepatan dengan libur Isra’ Miraj Nabi Muhammad SAW, aku dan rekan-rekan yang tergabung dalam Tim Kerja Komsos (Komunikasi Sosial) Gereja Katedral Semarang, mengadakan Kursus Jurnalistik bertemakan ”Menjadi Pencari dan Penulis Berita Yang Baik” dengan narasumber Bp. Maksim D. Prabowo, redaksi Majalah Salam Damai (Majalah Umat Katolik Keuskupan Agung Semarang) dan Direktur Lembaga Studi Pers dan Informasi (LeSPI).

Dari target awal jumlah peserta sebanyak 50 orang ternyata sampai hari H hanya ada 11 orang yang mendaftar dan mengikuti kursus. Padahal informasi mengenai kegiatan ini sudah jauh-jauh hari disosialisasikan. Lewat pengumuman gereja, penempelan poster di papan pengumuman, juga surat pemberitahuan untuk masing-masing lingkungan. Tapi apa daya, ternyata segala usaha itu kurang mendapat apresiasi yang baik.

Kecewa. Itu yang kami rasakan. Tapi the show must go on. Bukankah kejadian seperti ini sudah sering terjadi. Tidak saja untuk kegiatan yang kami adakan tetapi juga untuk kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh kelompok lain. Yah... akhirnya kami memang hanya bisa berusaha, tetapi entah diterima atau tidak usaha tersebut, itu masalah yang lain.

Kursus yang hanya berlangsung selama lima jam diisi dengan materi yang cukup padat. Mulai dari pengenalan apa itu jurnalistik, prinsip-prinsip yang dianut, bagaimana cara menggali fakta, hingga pemahaman akan penulisan LEAD (teras atau pembuka tulisan) yang baik dan menarik. Setelah materi selesai disajikan, peserta diberi tugas untuk melakukan wawancara terhadap orang-orang yang berada di sekitar lingkungan gereja. Hasil wawancara kemudian dituangkan dalam bentuk tulisan yang nantinya akan dikoreksi bersama-sama.

11 komentar:

Seiri Hanako mengatakan...

kalo daku lagi pengen kursus
ATLS
Hiperkes
ACLS
GLS
dll
hehehehehehehehe

aan mengatakan...

wah jadi bnyak pengalaman nih mas goen ttg dunia tulis menulis.., oh iya..sy jg maaf nih bru sempet mampir..baru 2 hr mulai ngeblog lagi..

met malam dan salam hangat,

Itik Bali mengatakan...

Kursusnya menarik banget ya mas..
mau dong aku ikutan,,
aku paling suka kalo ada tutorial tentang penulisan

Sudinotakim mengatakan...

Mantap mas..dgn banyak mengikuti kursus wawasan kita bertambah luas

Arif Chasan mengatakan...

wah,... show emang must go on.. hehe...

semangat terus ya!.... ^^

Anggi Zahriyan mengatakan...

wah.. mantab nih mas. Kebetulan saya buruk dalam hal menulis :(

Lina Marliana mengatakan...

halo mas Goen.. Lama ga mampir ke rumah mas Goen, ternyata berubah wajah yah.. Habis di cat yah mas rumahnya ? hehehe...

Ferdinand mengatakan...

wah pantesan tulisannya apik2 hhe.... aku jadi pengen ikutan belajar nulis kaya Mas nie hhe...

Semangat N GBU mas...

inge / cyber dreamer mengatakan...

menarik yah...
jadi pengen ikut >.<

Bunglon Blog Indonesia mengatakan...

hmm sebuah kegiatan positif yg sangat bermanfaat ya mas, banyak pelajaran dan wwasan baru tentunya..
Sukses Slalu!

anyindia mengatakan...

wah jadi makin keren dong ntar tulisannya mas :D