Minggu, 18 Juli 2010

Para Pengamen Itu...


Musium Kereta Api Ambarawa suatu siang. Aku bersama rombongan bapak-bapak dari lingkungan Randusari tengah beristirahat sambil menyantap makan siang. Di kejauhan sana, beberapa anak muda tengah memainkan ‘sesuatu’. Sesuatu yang menarik perhatianku.

Aku mendekati mereka. Rupanya mereka sedang ‘ngamen’. Dengan beberapa alat musik yang sederhana, mereka menyanyikan lagu-lagu untuk menghibur orang-orang yang tengah berlalu lalang. Di depan mereka, kotak kardus yang tidak begitu besar, diletakkan. Dan, orang-orang yang bersimpati dengan pertunjukkan mereka, menaruh lembaran uang ke dalam kotak itu.

Beberapa saat melihat mereka bermain dan mendengarkan nyanyian yang mereka lantunkan, tiba-tiba, ada perasaan yang bergelora dalam hatiku. Inikah semangat itu? Inikah kegembiraan itu?

Ah… para pengamen itu sudah mengajarkan hal yang sangat berharga bagiku. Alat musik yang sederhana ternyata tidak menyurutkan semangat mereka dan membuat mereka menjadi rendah diri. Justru dari kesederhanaan itu, mereka bermain dengan penuh kesungguhan, hingga membuai para pendengarnya.

Seperti halnya dalam kehidupan ini, sesederhana apa pun pekerjaan yang aku lakukan, aku tidak perlu malu. Aku harus memiliki semangat, bekerja dengan sungguh-sungguh, dengan hati, dan menjadikan pekerjaan itu sebagai saluran berkat untuk orang lain. Semoga aku mampu melakukannya.

5 komentar:

Seiri Hanako mengatakan...

bener sekali
daku pun dulu pernah jualan kue dari rumah ke rumah n jadi cleaning service sebelum sekarang jadi dokter

sekarang kalo lagi nggak jaga n banyak waktu luang pengen rasanya mo jualan lagi
TUHAN itu maha baik asalkan kita juga rajin
berdoa n bekerja
(^__^)

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Makasih banyak atas pencerahannya mas Gun..

Mohon maaf lama baru sempat mampir.

Clara mengatakan...

para pengamen itu mengingatkanku pada klantink di IMB xD
selalu membawa semangat tiap kali mereka muncul

Sukadi Brotoadmojo mengatakan...

warna dalam kehidupan... apapun yg dikerjakan asalkan dengan hati semua akan membuahkan hasil yang baik pula...

aan mengatakan...

membuat orang tersenyum dan berbahagia sedikit bnyak melupakan beban hidup (ceilah) klo sy liat pengamen2 spt itu..nggak kalah musikalitasnya sama band2 yg udah mapan...