Rabu, 25 Agustus 2010

Baik Atau Buruk Adalah Pilihan

Ckckck... ternyata ada juga yang tega berbuat tidak baik di dunia maya ini...
semalam fbku kena... identitasku digunakan orang lain untuk menuliskan kata-kata yang tidak senonoh pada salah satu sobatku... sahabat, aku minta maaf... dan untuk yang telah melakukannya... semoga Tuhan memberkati dan menyadarkanmu...


Rangkaian kalimat di atas adalah status yang aku tulis di fbku kemarin malam. Latar belakang kenapa aku menuliskan hal itu adalah karena sebelumnya aku dapat komplain dari salah satu sobatku yang berasal dari Sibolga. Saat aku sedang asyik berselancar di fb, tiba-tiba saja ia mengajakku chat dan langsung protes karena ’aku’ sudah menuliskan kata-kata yang tidak senonoh waktu chat dengannya sehari sebelumnya. Tentu saja aku kaget bin bingung. Loh... ada apa ini? Selidik punya selidik, ternyata ada yang menggunakan identitasku untuk chat dengan sobatku ini. Parahnya, bukah chat yang positif tetapi penuh dengan kata-kata yang enggak pantas. Aku buru-buru menjelaskan bahwa bukan aku yang telah melakukannya karena pada saat yang bersamaan (waktu itu) fbku error. Aku nggak bisa masuk karena paswordku sudah berubah. Berulangkali kuganti ternyata berubah lagi. Syukurlah, sobatku ini bisa mengerti dan menerima penjelasanku.

Waktu aku share kejadian ini dengan beberapa teman yang lain (di dunia maya maupun dunia nyata) ada beragam tanggapan yang muncul. Kok bisa terjadi? Mengapa ada orang yang tega melakukannya? Apa tujuannya? Sekedar iseng atau ada motif-motif yang lain?

Ahh... rasanya tidak akan pernah berakhir jika harus menjawab semua pertanyaan itu. Apa yang sudah terjadi biarlah terjadi. Yang penting sekarang adalah mengambil hikmah dari kejadian itu. Lebih berhati-hati, menjaga sikap, dan selalu berpikiran positif. Bukankah di dunia ini, kebaikan dan keburukan (kejahatan) bagaikan dua sisi mata uang yang tidak terpisahkan? Berbuat baik atau berbuat buruk adalah sebuah pilihan. Tinggal kita mau memilih yang mana. Satu hal yang pasti, hidup ini tidaklah abadi. Jadi, tidak akan bermakna apa-apa jika yang kita lakukan adalah hal-hal yang jauh dari kebaikan.

11 komentar:

inge / cyber dreamer mengatakan...

Om... kalau sampai ganti password msh jg kena kemungkinan besar yg ngebajak fbnya tau juga email dan password yg Om pakai, coba ganti jg password emailnya... >.<

segala yg akan kita jalani, walau sedetik yg akan datang adalah pilihan kita ^^

penghuni60 mengatakan...

hmmm, kejahatan ternyata ada dimana2 ya?
bahkan dari hal yg iseng pun, jika merugikan org lain, itu termasuk dlm kejahatan kan?
smoga masalahmu gak ampe panjang sobat...

syukurlah aku sndiri gak pnya fb..

Science Box mengatakan...

kalo menurut aku sih, fb tuh dihapus aja deh...
makin byk kejahatan atau hal2 yg gak baik diseputar fb..

setuju gak kalo dihapus??

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

waduh, memang sering terjadi kayak gitu tuh. ya gak usah dipake lagi deh fbnya. bikin imel baru aja. di dunia maya memang banyak orang iseng sih.

kebookyut (DiVe) mengatakan...

wah bener tuh katany mbak inge...

kejahatan bukan hanya dari niat si pelaku, tp jg kesempatan,.,. waspadalah waspadalah.. hehehe

Newsoul mengatakan...

Betul mas, tinggal yang mana yang kita pilih. Soal hacker-khacker hal yang membuat saya miris juga. Malah saya sering baca ada teman yang bangga jadi hacker, sebentar-sebentar, kalau dia kesal, mengancam akan akan mencuri pw si anulah, dsb. Semoga orang-orang seperti itu tersadar untuk tidak melakukan hal-hal buruk seperti iitu.

بوويل mengatakan...

yups mas, kita semua dianugerahi akal tuk memilih ya...

Laksamana Embun mengatakan...

Mnurut saya keisengan seseorang walaupun ada mksud lain saya rasa mksud itu muncul dgn tiba2 bukan direncanakan.

catatan kecilku mengatakan...

Mas.., baiknya alamat email yang ada di kotak info FBnya gak usah ditampilkan. Salah satu upaya dari tangan2 jahil yg suka merusak.
Semoga kejadian spt itu tak terulang lagi deh.

the others.... mengatakan...

Memang hidup itu pilihan, terserah kita mau ambil pilihan yg baik atau buruk. semuanya ada konsekuensinya masing2...

Lee Choo mengatakan...

hmm.. yang tabah ya..
mungkin semua ini ada maknanya..
bisa jadi pelajaran yg berharga utk kedepannya agar lebih hati2....