Sabtu, 04 September 2010

Maaf, Anda Tidak Hidup Sendiri!

Jangan keliru menafsirkan kalimat di atas. Kalimat itu hanyalah sekedar uneg-uneg yang keluar begitu saja dari dasar hati. Penyebabnya adalah karena semakin banyak ketidakpedulian dan arogansi yang berkembang di sekitar kita.

Terhadap hal ini, jujur, saya sering merasa jengkel, mangkel, marah, dan sedih. Mulai dari pengguna jalan yang seenaknya sendiri main klakson dan salib sana-sini tanpa perhitungan yang matang hingga membuat pengguna jalan yang lain kelabakan. Mereka yang suka menerobos lampu lalu lintas, nekad melaju meskipun menyala merah, dan membuat lalu lintas menjadi semrawut. Mereka yang suka parkir sembarangan dan membuat orang lain tidak memiliki akses untuk parkir atau menggunakan jalan. Mereka yang hobi banget membuang sampah sembarangan. Membuat tempat-tempat umum menjadi kotor dan tidak sedap dipandang mata. Dan masih banyak contoh yang lain lagi.

Pertanyaannya sekarang, apakah kita akan terus-terusan melakukan hal itu? Terus saja beranggapan bahwa hanya aku yang berhak, aku yang harus didahulukan, aku yang harus dihormati, aku yang paling berkuasa, aku yang... ?

Maaf, Anda tidak hidup sendiri di dunia ini! Masih ada orang lain yang harus dihargai, dihormati, dan diakui hak-haknya. Anda tidak lebih tinggi daripada orang lain hanya karena Anda lebih kaya, lebih berkuasa, lebih pintar, dan lebih memiliki kesempatan. Anda dan orang lain adalah sederajat karena sama-sama ciptaan Tuhan.

10 komentar:

inge / cyber dreamer mengatakan...

sisi egois manusia...

mereka yang merasa berhak atas segala... >.<

berpikir positif mengatakan...

kita harus selalu sadar bahwa kita mahkluk sosial dan hak kita berbatasan dengan hak orang lain jadi harus saling mengerti, salam hangat dari Sulawesi Mas Goen

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

tertib berlalu lintas memang belum baik di negara ini. sigh mode on.

Newsoul mengatakan...

Setuju mas, kita tidak hidup sendiri. Hidup barulah berarti ketika kita saling memahami sesama. Nice post.

attayaya jadi anak smp mengatakan...

yuuup bener
kita ga sendirian
ada keluarga, tettangga, lingkungan

ada hak dan kewajiban

catatan kecilku mengatakan...

Sayangnya, masih banayk orang2 yg egois dan lupa akan keberadaan orang lain...

the others.... mengatakan...

Andai semua orang menyadari bahwa mereka tak hidup sendiri, pasti hidup ini aman tentram ya mas..

Fanda mengatakan...

Memang sebel mas kepada org2 yg suka seenaknya sendiri kayak gitu. Dan (maaf) kebanyakan yg kayak gitu justru org2 yg penampilannya org berada dan berpendidikan.

ferdivolutions mengatakan...

yap! setuju banget!aku paling benci orang2 yg berkuasa yang seenakhatinya pakai jalan, iiiewhh...

Sukadi Brotoadmojo mengatakan...

terkadang rasa 'terlalu memiliki' hidup membuat segalanya harus mengenakkan... padahal hidup bukan milik pribadi yang selalu 'harus' seperti yang di inginkan. sebuah sisi negatif yang merugikan banyak orang :)
*sebagai koreksi buat saya sendiri Pak :)
terimakasih