Senin, 21 Maret 2011

Si Kaki Ceria


Itulah julukan Mumble. Seekor pinguin yang tidak bisa menyanyi. Suaranya bahkan terdengar jelek sekali. Melengking tinggi. Sehingga saat ia memperdengarkannya justru akan merusak suasana di sekitarnya. Yang bisa dilakukannya hanyalah menari. Menggerak-gerakkan kedua kaki kecilnya di atas salju yang dingin.

Awalnya ia sedih. Ia merasa terasing dari kelompoknya. Mengapa ia dilahirkan berbeda? Namun perlahan, ia bisa menerima diri apa adanya. Ia kembali bersemangat menjalani hidupnya. Ceria dan tetap bergaul dengan pinguin-pinguin yang lain.

Sayangnya, tetua pinguin sudah kadung mengganggap Mumble sebagai biang masalah. Ia dituduh menyebarkan kelakuan yang tidak pantas. Ia dianggap sebagai sumber bencana yang menyebabkan ikan-ikan berkurang sehingga bangsa pinguin mengalami kelaparan.

Namun, Mumble tidak sependapat. Penyebab bencana bukanlah dirinya tetapi akibat hadirnya makhluk lain. Untuk membuktikan hal itu, Mumble rela diusir dari komunitasnya. Dan dengan bantuan dari para sahabatnya serta melalui perjuangan yang tidak kenal menyerah, Mumble berhasil menggugah kesadaran makhluk lain itu untuk lebih memperhatikan nasib bangsa pinguin.

Itulah ringkasan cerita dari film Happy Feet. Film animasi produksi tahun 2006 yang disutradari oleh George Miller ini memang sangat menarik. Kita serasa dibawa ke dalam kehidupan bangsa pinguin dengan segala kegembiraan dan kegelisahannya.

Dari film ini ada beberapa hal yang bisa kita petik sebagai hikmah. Pertama, tidak ada hal yang salah jika kita berbeda dari yang lain. Toh, apa yang kita miliki adalah karunia Tuhan yang sungguh indah yang harus selalu kita syukuri. Oleh karena itu, janganlah merasa tidak berguna karena perbedaan itu tetapi gunakanlah perbedaan itu untuk kebaikan. Baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Kedua, jangan serakah. Keserakahan hanya akan merugikan orang lain. Keserakahan hanya akan merusak tatanan yang sudah diatur oleh Tuhan. Dan itu berarti: kita sudah mengingkari kehendakNya.

5 komentar:

Bayu Probo mengatakan...

Anakku suka film itu

eha mengatakan...

berani tampil beda, nda usah ngikut arus terus. Belum tentu arus itu ke arah baik, kalo menjerumuskan lak ya malah repot

Cyaam mengatakan...

saya suka film ini mas... saya suka semua film animasi, hehehe

Megi Rahman mengatakan...

Happy Feet dah ane tonton,
filmnya seru jg, nyeritain ttg mumble yg pantang menyerah (patut dicontoh nih :D)

Cyaam mengatakan...

saya datang mas goen, selamat siang...
tumben tidak ada postingan baru dipagi hari :D