Jumat, 16 Juli 2010

BerKat


Tak terasa sudah hampir 8 tahun aku mengelola majalah paroki. Awalnya adalah keterpaksaan. Namun perlahan namun pasti, keterpaksaan itu telah berubah menjadi cinta yang semakin lama semakin mendalam.

Menilik dari sejarahnya, keberadaan majalah di parokiku sebenarnya memiliki rentang waktu yang cukup lama. Jauh sebelumnya sudah ada WarKat (Warta Katedral). Puluhan tahun WarKat terbit setiap bulan hingga pada akhirnya mandeg dan mati. Bukan karena ketiadaan dana tetapi karena personel yang makin lama makin sedikit. Entah karena mengundurkan diri, tidak aktif tanpa pemberitahuan, juga karena meninggal dunia.

Setelah kurang lebih 3 tahun tidak ada majalah paroki, beberapa kaum muda berinisiatif untuk merintis terbitnya majalah paroki yang baru. Sebagai pembeda dari generasi sebelumnya, majalah ini kemudian diberi nama BerKat (Berita Katedral). Selama hampir 2 tahun BerKat rutin mengunjungi para pembacanya sebulan sekali. Namun, entah mengapa, BerKat akhirnya juga mengalami kevakuman dan beberapa bulan tidak terbit. Situasi ini ternyata menyulut keprihatinan Romo Eko yang waktu itu menjadi pendamping kaum muda. Beliau sukses ’memaksa’ aku dan beberapa rekan untuk menerbitkan kembali majalah ini. Dan setelah melalui perjuangan yang lumayan berat, BerKat dapat terbit kembali.

BerKat periode kedua (demikian kami menyebutnya) terbit setiap dwibulanan. Kok dwibulanan mengapa tidak sebulan sekali? Mungkin, pertanyaan itu yang pertama kali akan terlontar. Tapi sejujurnya, pilihan ini bukan tanpa alasan. Dua bulan rasanya menjadi waktu yang cukup ideal untuk menyiapkan sebuah penerbitan. Dari segi pengumpulan materi dan biaya cetak. Apalagi kami bukanlah tenaga profesional yang digaji dari pekerjaan ini. Jadi, lebih baik terbit dwibulanan tetapi rutin daripada dikerjakan sebulan sekali tapi ngos-ngosan dan ada kemungkinan (lebih besar) untuk berhenti.

Berbeda dari sebelumnya, BerKat periode baru memiliki rubrikasi yang khas. Masing-masing rubrik diberi nama unik, yang mencerminkan nama majalahnya. ACAR (Ajang Cerita Awak Redaksi) merupakan ’uneg-uneg’ atau tulisan dari redaksi yang berkaitan dengan tema. NAGASARI (reNungan dAn GagaSAn Romo edIsi Ini) yaitu renungan sesuai tema yang ditulis oleh romo. GEREH (Gagasan pEnting agaR lEbih Hidup) adalah renungan sesuai tema yang ditulis oleh awam (umat). BESEK (Berita dan informaSi Seputar Katedral) merupakan kumpulan peristiwa atau berita dan informasi yang terjadi di Katedral dan sekitarnya. PERKEDEL (memPERKEnalkan iDEntitas Lingkungan), tulisan tentang satu lingkungan dengan segala pernak-perniknya. TELUR (sesuaTu yang pErLU dimengeRti) berupa artikel atau informasi yang perlu diketahui oleh umat. NASI (teladaN orAng SucI), tulisan tentang orang suci. KRUPUK (KalendeR litUrgi Untuk Umat Katedral), yaitu pedoman bacaan kitab suci setiap hari. LEMPER (Laporan kEuangan Majalah bERkat). TEH (TEntang keseHatan kita), mengupas masalah kesehatan secara umum. MIE (Merenung Itu pErlu) yaitu renungan bebas yang tidak berhubungan dengan tema, yang ditulis oleh romo maupun awam (umat).

Ah, keterpaksaan itu memang benar-benar telah menjadi cinta. Meski banyak suka duka yang harus dilewati, tapi BerKat tetap harus terbit. Meski dukungan dari umat terutama untuk kiriman naskah masih sangat minim, kami tidak boleh putus asa. Kami harus terus melangkah sembari tak henti memanjatkan doa semoga ada semakin banyak kaum muda yang mau bergabung dengan kami demi kesinambungan majalah ini. BerKat.

4 komentar:

iphud mengatakan...

baru tahu aku mas majalah tuch di edarkan dimana?? ... :D salam kenal minta supportnya ya juga di sini thanks :D

Sudinotakim mengatakan...

Mantap mas..jadi seorang penulis memang banyak suka dan dukanya ya mas...tapi bahagia sekali jika apa yg kita tulis bermanfaat utk org lain..terus berkarya ya mas..

munir ardi mengatakan...

semangat terus mas semoga sukses

catatan kecilku mengatakan...

Nama2 rubriknya sesuai dengan nama majalahnya : Berkat..!
Bagi orang Jawa, berkat itu kan nasi yg dibawa pulang ke rumah setelah acara selamatan..
Salut utk kreativitas kru Berkat..!

BTW, maaf baru sempat mampir lagi setelah 3 hari libur gak OL