Kamis, 20 November 2008

Mengikuti Misa Harian

Sudah hampir dua minggu ini tiap pagi aku selalu mengikuti misa harian. Awalnya sungguh berat untuk melaksanakan kegiatan ini. Aku yang tadinya biasa bangun pukul 6 pagi harus mulai belajar untuk bangun lebih awal. Meski rasa kantuk masih bergelayut di kedua pelupuk mataku, namun aku harus berusaha. Satu dua kali masih malas-malasan. Tapi kini setelah jalan beberapa hari ternyata kegiatan ini memberi kenikmatan bagiku.

Mengikuti misa harian membawa dampak positif bagiku. Sepulang dari Gereja, aku menjadi lebih leluasa mengisi waktuku sebelum berangkat ke kantor. Aku bisa lebih nyantai. Hal lain yang aku rasakan, hatiku menjadi lebih tenteram dan damai sehingga aku lebih bersemangat menjalani hidupku.

Ketika aku merenungkan kegiatan ini lebih dalam, ada beberapa nilai yang bisa aku dapatkan. Nilai-nilai itu diantaranya:
Bersyukur.
Bersyukur karena Tuhan sudah memberikan hidup baru, hari baru dan semangat yang baru. Bersyukur karena Dia memberi kesempatan kepadaku untuk masuk dan bersimpuh di tempat kediaman-Nya.
Mendengarkan firman-Nya
Aku bisa belajar dan menghayati firman Tuhan serta melaksanakannya dalam hidup hari ini sesuai arahan Romo yang diberikan melalui homilinya.
Menerima Tubuh Kristus
Melalui ekaristi suci aku diperkenankan menerima Tubuh Kristus. Dan dengan Tubuh Kristus di dalam diriku, aku dikuatkan untuk melangkah sesuai dengan perintah-Nya.
Memperoleh berkat perutusan
Dengan berkat yang aku terima aku memperoleh rahmat untuk hidup hari ini dan membagikannya kepada sesama.

Bapa,
aku bersyukur atas hari baru, hidup baru dan kesempatan baru yang Engkau berikan hari ini
aku bersyukur karena Engkau memanggilku untuk hadir di hadapan-Mu
aku hanyalah manusia yang lemah
penuh dosa dan ketidakpantasan
namun aku bersyukur Engkau senantiasa mempedulikan aku

Bapa,
aku pasrahkan seluruh hidupku kepada-Mu
aku pasrahkan segala rasa hatiku kepada-Mu
di dalam nama Putera-Mu terkasih
Tuhan kami Yesus Kristus
kini dan sepanjang masa
Amin.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

jalan-jalan muter ke blog ini. Salam kenal