Selasa, 05 Mei 2009

Hukum


Ternyata apa yang dikatakan seorang teman bahwa HUKUM merupakan kependekkan dari (H)ak (U)ang (K)amu (U)ntuk (M)enang, benar adanya. Ada banyak bukti yang bisa disajikan. Bahkan kalo bukti-bukti itu dijejerkan panjangnya mungkin bisa beratus-ratus meter.

Makanya, tidak aneh bila seseorang yang kebetulan ketangkep karena nyuri ayam dan ia dari golongan tidak mampu yang nggak punya pekerjaan tetap, ia jadi babak belur dan masa hukumannya bisa menjadi lama karena enggak ada uang yang bisa digunakan sebagai jaminan. Sebaliknya, jika para pejabat tinggi yang sehari-harinya make dasi trus kalo ke kantor naik mercy mengkilap tersandung masalah hukum (karena kasus korupsi, suap-menyuap dll) gelar perkaranya jadi berliku banget. Mulai dari asas praduga tidak bersalah, pengumpulan bukti-bukti hingga aneka sidang yang digelar. Pas udah ketauan kalo emang bersalah dan kemudian dijatuhi hukuman... eh... lha kok malah kayak formalitas... beritanya aja masuk penjara... tapi kenyataannya malah bebas keluar masuk bui dan di selnya banyak bertumpuk fasilitas mewah yang dibutuhkan untuk bersenang-senang.

Lalu kalo kenyataannya emang demikian, gmana entar jadinya hukum di negeri ini? Selama uang masih saja jadi penguasa tunggal dan tujuan utama, kayaknya hukum akan jalan di tempat. Bahkan lama kelamaan jadi kayak kerupuk yang kena air hujan... mengkeret, mlempem dan kemudian dibuang karena udah enggak berguna.

Satu-satunya yang bisa ngatasin semua itu hanyalah hidupnya nurani dan kejujuran. Semakin banyak orang atau penegak hukum yang mau ndengerin nuraninya, tetep percaya bahwa yang bener tetaplah bener dan yang salah harusnya tetep salah, berani menegakkan kejujuran di antara banyak kebohongan, dan enggak gampang silau oleh gemerlapnya uang... bisa dipastikan... hukum akan kembali berkuasa. Ia akan menjadi panglima yang selalu mengawal peri kehidupan masyarakat di negeri ini. Semoga.

1 komentar:

Budi Hermanto mengatakan...

Wew..
Semoga republik tercinta ini..
Semakin membaik ya mas..
Hehehe..
Met knal ya mas.. ;)