Selasa, 09 Juni 2009

Mawar Atau Melati?


Mungkin, kalau mau disurvey, ada lebih banyak orang yang menyukai mawar bila dibandingkan dengan melati. Ada beberapa alasan yang mendukung hal tersebut. Salah satunya dan mungkin ini yang utama, karena mawar bunganya lebih indah dan corak warnanya lebih beragam. Sehingga ia lebih banyak dipajang dan diperjualbelikan di toko-toko tanaman.

Namun di balik keindahan mawar, tersimpan bahaya yang cukup menakutkan. Bila tidak hati-hati, tangan kita dapat tertusuk duri-duri mawar yang banyak bermunculan di batang-batangnya.

Kalau coba kita samakan dengan hidup manusia, mawar melambangkan pribadi yang ingin (lebih) menonjol, ingin (lebih) dihormati dan ingin (lebih) dikagumi. Namun karena keinginan tersebut membuat mawar menjadi pribadi yang cenderung sombong dan memandang rendah orang lain. Kalau ia mau memberikan suatu kebaikan, sering kebaikan itu hanyalah topeng, karena ada pamrih dari pemberian tersebut. Pamrih yang celakanya lebih menguntungkan dirinya sendiri.

Berbeda dengan melati. Walau bunga dan warnanya itu-itu saja dan sering hanya ditanam sebagai tanaman pagar, tapi harum baunya membuat orang-orang tertarik untuk memetik bunganya. Ia menyimpan keteduhan dan menawarkan kehangatan. Melati melambangkan pribadi yang sederhana dan jauh dari keinginan untuk menonjolkan diri. Kalau memberi kebaikan, ia tidak pernah ingin diketahui dan tanpa pamrih. Pun, pribadi seperti melati selalu berusaha memberi manfaat untuk orang lain.

Nah, apakah kita seperti mawar atau justru bagai melati yang putih nan suci?

10 komentar:

poetra mengatakan...

saia sukanya lili,gimana t mas...artinya apaan...btw tengkyu dah komen...

Dana Telco mengatakan...

Mawar mencerminkan tampilan yang wah... dan tampaknya manusia lebih menyukai tampilan daripada isi.

albertus goentoer tjahjadi mengatakan...

@poetra: lili... ehm apaan ya... sabaran dech... aku tak cari wangsit dulu... makasih juga komentnya...

@Dana Telco: bener sobat, manusia emang sukanya hanya liat luarnya saja pas kepenthok ama isi yang buruk... baru tau rasa... persis kayak kalau kita makan jambu air... keliatannya aja mulus eh... lha kok pas dibuka... jan nggilani tenan... banyak uler mlungker... hiiiiii...tatut.....

Lisna Lina Simangunsong mengatakan...

Good mas.....

wah... aku nih suka lily sama kayak nama aku mas...he...he...

reni mengatakan...

Aku suka dua-duanya.... Semuanya indah.
Begitu kan lagunya... "Mawar melati, semuanya indah" hehehe...

andro_simar mengatakan...

lha ? kalo aku pribadi mawar ato melati ya ?? heheh,, :D

ivan mengatakan...

mawar..melati..semuanya indah..
betul mb Reni...
tapi semua yang indahpun pasti nggak sempurna...

seri mengatakan...

sukar untuk memilih. mawar lambang kecantikan fisikal siapa yang ngak suka. tapi melati itu punya kelebihan. aku belum pernah jumpa ada yang seharum melati, lagi pun bisa tahan lama.

dewi mengatakan...

kalo dalam arti real bukan perumpamaan.. aq suka dua2 nya. tapi klo mas gun umpamain hati org kyk mawar n melati, ya jelas pilih melati...siapa juga mau jadi org yang indah tampilan fisiknya doang, tapi menyimpan duri hehehh....

ateh75 mengatakan...

mawar dan melati harumnya tiada yg mengalahkan ...