Rabu, 08 Juli 2009

Keseimbangan

Di dunia ini berlaku hukum keseimbangan. Siang berganti malam dan malam pun berubah menjadi siang. Ada berat ada ringan, naik-turun, daratan-lautan, baik-buruk, cantik-jelek, gemuk-kurus, pemangsa-dimangsa, kanan-kiri, tinggi-pendek, dan masih banyak lagi.

Saat manusia dapat merawat dan menjaga alam dengan baik maka alam akan memberi secara berlimpah. Sebaliknya, jika manusia hanya ingin mengeruk kekayaan alam dengan semena-mena seperti pembabatan hutan yang terus-menerus, mencari ikan dengan bahan peledak, mengebor sumber alam dan mengambilnya secara serampangan tanpa memikirkan sumber-sumber alternatif, maka alam pun akan membalas dengan banjir, lonsor, ikan-ikan yang mulai sulit dicari dan sumber-sumber alam yang semakin menipis.

Dalam berelasi dengan sesama, ada beragam keseimbangan yang perlu selalu kita lakukan. Kita nggak akan pernah bisa dihargai jika tidak terlebih dahulu memberi penghargaan kepada orang lain. Kalau kita enggak ingin dikatai-katai dengan kasar, dengan aneka bahasa ‘kebun binatang’, mengapa kita harus melakukannya kepada orang lain? Kalau kita selalu ingin mendapat kebaikan, mengapa kita tidak melakukannya juga untuk orang lain? Kita tidak ingin disakiti, maka jangan menyakiti. Kita ingin diberi maka terbiasalah juga untuk memberi.

Jadi, prinsip keseimbangan pada dasarnya akan membuat kita mawas diri. Selalu menjaga tutur kata dan perbuatan kita demi kebaikan diri sendiri juga untuk sesama.

13 komentar:

mohanlink™ mengatakan...

WAh postingan baru yang wajib dibaca

eha mengatakan...

Meniti balok aja kalo ndak seimbang bisa terpeleset ya? Apalagi meniti jalan kehidupan ...

Irfan Melodic mengatakan...

Bagus banget. Emang prinsip keseimbangan itu harus dijaga biar kita tidak ekstrim ataupun fanatik.

Selain itu, prinsip keseimbangan juga harus dijunjung tinggi dalam persahabatan. Misalnya, ketika saya berkomentar di sini, maka sudah selayaknya yang saya komentari di sini juga membalas dengan berkomentar di postingan terbaru saya. Lho? Hehehehe

Saya tunggu komentar Pak Goentoer di postingan terbaru saya

Best regards,
Irfan Melodic Nugroho
http://melodic-4.blogspot.com
http://news-fact.blogspot.com

reni mengatakan...

Bener sekali... hidup ini penuh dengan keseimbangan, mas.
Tanpa keseimbangan hidup akan pincang.

Sahabat Pena mengatakan...

" SALAM PERSAHABATAN DARI AGUS FAUZY KEDIRI JAWA TIMUR INDONESIA RAYA "

Jangan lupa berkunjung ke blog saya ya...di www.agusfauzy.com blog ini berisi tentang pribadi saya dan juga untuk berbagi ilmu serta pengalaman saya didunia maya ini dengan -(( MOTTO ))-
" BERTEMAN, BELAJAR, BEKERJA DAN BERIBADAH "

Kunjungi pula blog bisnis saya www.wargabisnis.com blog ini saya gunakan untuk affiliate saya jadi anda mau ikut monggo...tidakpun tak ada paksaan , didalam blog ini anda akan menemukan seleksi bisnis internet yang saya ikuti, ya.. mudah-mudahan blog bisnis ini bisa membantu warga Indonesia yang mau terjun kebisnis online untuk memilah dan memilih bisnis internet yang banyak bermunculan didunia maya ini tanpa ada paksaan apapun jadi tak ada yang merasa tipu menipu. saya membuat blog ini sekedar sampingan bisnis saja dan mungkin teman-teman ada bisnis baru yang bertanggung jawab tidak merugikan sesama bisa hubungi saya... he he he ceritanya lagi demam bisnis ya.... ya buat koleksi aja.... sori sob banyak iklannya

" SALAM BLOGGER DAN SAHABAT PENA INDONESIA "

Suara Petualang mengatakan...

Yin dan Yang
selalu ada keseimbangan
tak ada yang berdiri sendiri di dunia ini, semua ada keseimbangannya.

Sekarang tinggal kita yang menjalani sebagai pribadi manusia, apakah akan menyeimbangkan...???

Postingan yg bagus bro..
Keep Up2Date ya...

Fanda mengatakan...

Coba kalo semua orang punya pemikiran seperti itu yah, akan indahlah bumi ini...

NURA mengatakan...

salam sobat,,kita hidup memang harus selaras dengan kehidupan ini dan harus ada keseimbangan hidup kalau kita ingin bahagia di dunia dan di akherat.

MOCHAMMAD FATHONNY LESSY mengatakan...

seimbang . . . ???

kudu harus wajib . . . ^_^

ammadis mengatakan...

Perlu keseimbangan pastinya...tapi kita sering merusak rumus itu yaaa...

Salam kenal fren...

iwan setiawan mengatakan...

betul sobatku, dengan keseimbangan hidup kita bisa positif, alam saja tercipta dengan unsur keseimbangan...ok sukses selalu sobatku

dewi mengatakan...

Begitulah adanya bumi.. ada gelap ada terang..ada hujan ada kering ada yang baik ada yang jahat. begitulah yang menjadikan hidup epnuh dinamika..nice posting mas..

Raini Munti mengatakan...

can u tell me what woman should know bout man?