Kamis, 01 Oktober 2009

Hal Kecil Itu...

Seringkali kita kurang (tidak) memperhatikan hal-hal kecil yang terjadi dalam kehidupan kita. Jarum pentul, peniti atau paku yang tergeletak dengan nyaman di jalanan. Kertas bekas atau tissue yang dibuang di sembarang tempat. Got depan rumah yang mulai tertimbun sampah. Tumpukan buku di sudut kamar yang berdebu. Dan banyak lagi yang lain.

Satu pertanyaan yang kemudian muncul, apakah hal-hal seperti itu patut untuk diperhatikan? Tentu saja jawabannya adalah ya. Kita mungkin tidak akan menyangka bahwa benda-benda tajam yang terserak sembarangan, yang seharusnya dapat kita ambil saat pertama melihatnya, akibat ketidakpedulian kita, mengakibatkan orang lain atau malah orang yang kita sayangi, menjadi terluka. Sampah yang tidak dibuang pada tempatnya, menyebabkan lingkungan menjadi kotor. Apalagi kalau sampah itu berupa sampah organik… wuih… pasti akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Got di depan rumah yang tertimbun banyak sampah akan menyebabkan pendangkalan dan menghambat aliran air. Akibatnya pas musim hujan… air menggenang dan terjadi banjiir…

Nah, kalau hal-hal demikian mulai kita sadari, tentu kita akan selalu berupaya untuk lebih serius memperhatikan hal yang kecil. Sebab barangsiapa setia pada perkara (hal) kecil maka ia setia juga dalam perkara (hal) besar. Dan barangsiapa tidak benar pada perkara (hal) kecil, ia tidak benar juga dalam perkara (hal) yang besar. Maka, lakukanlah hal-hal kecil dengan cinta yang besar.

8 komentar:

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Tak kan ada Hal2 yang besar jika tidak bermula dari sesuatu yang paling kecil.

Lee Choo mengatakan...

Setuju..! Jgn prnah menganggap remeh hal2 kecil..

klo kita aj ga bs bertanggung jwb sm hal2 kecil.. gmn kta bs mlakukan hal2 besar?

Nice Post!!

si kumb@ng mengatakan...

Dalem mas....
tulisan sederhana dengan makna luas..
saya sependapat dengan mas goen dan 2 sahabat diatas...

reni mengatakan...

Hal kecil bisa menjadi besar, dan hal besar bermula dari yg kecil.
Jadi... hal kecil itu tetap penting.
Iya kan?

dasir mengatakan...

pagi mas..salam kenal ya..apa kabar? ..nuhun mas..nitip ini ya..bela negara ala lansia
terima kasih.

dasir mengatakan...

sederhana tapi mengena..mantabs mas..

irmasenjaque mengatakan...

setuju bgt sama komentnya mas setiawan,mba reni,lee,....mantap komentrnya :)

Iklan Gratis mengatakan...

Iya benar sekali, seharusnya kita memperhatikan semua hal, termasuk hal kecil sekalian, karena hal kecilpun juga ada resikonya.
sebenernya kalo menurut saya cuma mengubah kebiasaan saja.
Iklan Gratis