Jumat, 23 Januari 2009

Tertib Itu…?

Tertib itu paham akan waktu. Kapan waktu untuk makan. Kapan waktu untuk tidur. Kapan waktu untuk bekerja. Kapan waktu untuk bermain. Kapan waktu untuk pelayanan. Jadi… kalo pas waktunya kerja ya… jangan digunain untuk leyeh-leyeh atau malas-malasan (sambil baca koran). Waktunya belajar dipake nonton sinetron sampe tengah malem. Waktu tidur… eh… malah begadang semalam suntuk karena kerjaan yang belum kelar. Ato waktu untuk Tuhan malah sibuk kirim dan terima SMS. Kacau khan!

Tertib itu juga berarti tau peraturan. Warna merah tandanya harus berhenti. Ijo baru boleh jalan. Jangan terus dibalik-balik. Ijo jalan… lha kalo pas merah, ya tetep aja jalan… Gimana tuch! (mungkin lagi sakit mata ya?) Trus juga sama rambu-rambu yang lain. Jangan hanya taat kalo pas ada petugas. Pas lagi ndak ada, balik lagi kaya kebiasaan semula. Parkir mobil ato motor pada tempatnya dan tau situasi. Jangan karena gara-gara kita parkir, malah bikin jalanan macet dan orang lain jadi terhambat. Trus, selalu pake helm kalo lagi naek motor. Jangan alasan tempatnya deket trus males pake helm. Gilirannya ketangkep aja… eh maunya malah 'ngelesss'.

Tertib itu juga nggak sembarangan. Naruh piring bekas makan di tempat tidur. Naruh sepatu di rak piring. Ato juga naruh baju yang habis dicuci di ember tempat cucian kotor. Intinya: kita kudu tau dan konsisten untuk meletakkan segala sesuatunya di tempat yang memang sudah semestinya. Juga, jangan sembarangan nyerobot antrian dengan alasan apa pun (kalo ndak ingin kepala jadi benjut.. jut..!). Harus sabar dan sabar. Toh kalo tiba gilirannya, kita pasti dilayani.

Apa lagi ya…? Barangkali para sahabat mo ikutan kasih definisi… silakan ya…

Tidak ada komentar: