Selasa, 31 Maret 2009

6 S

Suatu ketika saat mampir di sebuah pompa bensin, ada sebuah tulisan yang begitu menarik perhatianku. Tulisan itu tertempel di sebuah tiang dekat alat pengisian bensin. Tulisan itu berbunyi: ’Dengan 3 S (Senyum, Salam, dan Sapa) mari kita berikan pelayanan yang terbaik untuk para pelanggan’.

Saat aku mensharekan tulisan ini di facebook dengan sedikit variasi, ada seorang friend yang memberikan usulan agar S nya bisa ditambah lagi dengan Sopan dan Santun. Dan ketika memikirkannya lebih lanjut, tercetus sebuah ide untuk sekali lagi menambahkan satu S yaitu Sederhana. Maka tersusunlah 6 S yang kemudian dibaca Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun, dan Sederhana.

Meski terlihat sebagai rentetan kata yang sederhana, tapi bila dimaknai dan bisa dilakukan secara konsisten, kiranya sungguh akan memberi hasil yang menakjubkan. Senyum hangat penuh ketulusan. Salam dan sapa penuh keakraban serta persaudaraan untuk siapapun yang ditemui. Bersikap sopan dan santun di manapun berada. Menunjukkan kesederhanaan baik dalam tutur kata maupun sikap hidup sehari-hari. Tidak ’neko-neko’ dan ingin ’neko-neko’. Dan inti dari semua itu adalah sikap hormat dan menghargai orang lain sebagai sesama makhluk ciptaan Tuhan. Bila semua ini dapat diwujudkan, alangkah indah dan damainya hidup ini. Life is Beautiful. Semoga...

Tidak ada komentar: