Minggu, 14 Februari 2010

Tag Food For Soul

Minggu, 14 Pebruari, menjadi hari yang benar-benar istimewa. Mengapa? Yah, mungkin ini hanya akan terjadi beberapa, puluhan bahkan ratusan tahun lagi: Imlek atau Tahun Baru Cina bertepatan dengan Perayaan Hari Valentine. Dan bisa diduga, karena berbarengan, kemeriahan pun seakan menjadi berlipat.

Ini pula yang terjadi pada misa terakhir, pkl. 18.15 wib, di gerejaku. Kebetulan pada misa ini diujubkan untuk merayakan Imlek. Seperti tahun-tahun sebelumnya, misa dalam rangka merayakan Tahun Baru ini selalu dipadati oleh umat. Mereka tidak segan-segan berdesakan di bangku-bangku gereja. Karena masih tidak muat, disediakan pula tratag di halaman gereja beserta bangku-bangku plastik. Ternyata fasilitas inipun ludes diserbu oleh umat.

Nah, pada hari yang istimewa ini aku akan mengerjakan sebuah Tag yang diberikan oleh salah satu sahabat mayaku yaitu Nuansa Pena. Namanya Tag Food For Soul, yaitu sebuah Tag berisi kalimat nasehat atau motivasi baik dalam bahasa Indonesia atau bahasa lainnya atau kombinasinya yang disusun dari urutan ABJAD. Oke, langsung saja bisa disimak dari kalimat-kalimat di bawah ini:

Allah begitu mengasihi kita. Menjadi tugas kita sekarang untuk memberikan kasih itu kepada semua orang.

Bersyukurlah senantiasa karena hanya dengan inilah kebahagiaan bisa diraih.

Cintailah sesamamu seperti engkau mencintai dirimu sendiri.

Dunia seisinya tidaklah abadi. Ada masanya semua ini akan lenyap. Dan jika saat itu tiba, tidak ada seorangpun yang mampu menghalanginya.

Elok nian hati yang dipenuhi kasih.

Fase terpenting dalam kehidupan ulat adalah menjadi kepompong. Pada saat itu segala keburukan akhirnya akan berubah menjadi keindahan. Kita pun perlu menyediakan waktu untuk sejenak menjadi kepompong agar kehidupan kita semakin murni.

Gunakan akal dan pikiran yang dikaruniakan Tuhan untuk kebaikan.

Hidup adalah untuk mengasihi dan membagikan kasih itu untuk semua ciptaan Tuhan tanpa kecuali.

Ingat selalu 3 B. Bersyukur. Berdoa. Berbuat baik.

Jika lapar makanlah, haus minumlah. Jika mengantuk, tidurlah. Semua sudah diatur menurut porsinya masing-masing. Jangan ada yang ditambah atau dikurangi karena bisa berakibat buruk.

Kemarahan harus dikelola dengan baik karena jika tidak, ia dapat menghanguskan semuanya.

Lihat, dengar, dan resapkan dalam hati sebelum mengambil keputusan.

Mendengarkan dengan penuh perhatian akan lebih berguna daripada berbuih-buih kata yang keluar tanpa tujuan yang jelas (omong kosong).

Nilai dan martabat manusia tidak ditentukan oleh apa yang dia punya tetapi dari apa yang dilakukan.

Ojo Dumeh. Sebuah pepatah Jawa yang berarti Jangan Merasa. Karena merasa pandai lalu menganggap orang lain lebih rendah derajatnya. Merasa kaya lalu menghina orang lain yang tidak berpunya. Merasa punya jabatan dan kekuasaan lalu bisa bertindak sewenang-wenang.

Perhatian yang diberikan dengan tulus akan lebih berguna daripada limpahan harta.

Qolbu atau hati, tempat bersemayamnya nurani. Jika ia menjadi mati maka manusia akan berubah menjadi zombie. Makhluk haus darah yang tega memakan sesamanya.

Rasakan udara yang masuk melalui hidung, berjalan melalui pori-pori dan aliran darah kemudian membuat kehidupan kembali berlangsung. Ah, rasanya hanya ucap syukur yang terus bergema ketika menyadarinya.

Semangat…! Semangat…! Semangat! Itu yang selalu dikatakan oleh salah satu sahabat mayaku. Kata sederhana tetapi sungguh bermakna. Ia membangunkan raga yang lemah. Ia mengobarkan kembali api yang hampir padam. SEMANGAAAATTTTT!!!

Telinga dibuat 2 oleh Tuhan daripada mulut yang hanya 1. Harapannya kita bisa lebih mendengar daripada berbicara.

Usaha dan doa. Itulah yang akan membuat setiap masalah dapat diselesaikan dengan baik.

Vokal itu memang penting apalagi jika untuk menyuarakan kebenaran.

Wajah yang selalu dihiasi senyuman (tulus dan tidak dibuat-buat) adalah ibarat sinar matahari di pagi hari yang memberi kesejukan, kehangatan, dan kebahagiaan bagi siapa saja yang menerimanya.

X sering kali dipakai untuk sesuatu yang belum diketahui atau menjadi rahasia. Seperti inilah yang harus kita lakukan ketika berbuat baik. Biarlah perbuatan kita tetap tersembunyi dan hanya Dialah yang mengetahuinya.

Ya bila ya. Tidak bila tidak. Jangan dicampur aduk karena itu namanya tidak berpendirian alias plin-plan. Apakah kita mau dicap seperti itu?

Z adalah huruf terakhir dalam urutan ABJAD. Ini pula yang harus kita lakukan. Menjadi yang terakhir ketika keinginan untuk diperhatikan, dipuji, dianggap penting, datang menghampiri.

Upssss… akhirnya selesai juga. Selanjutnya Tag ini akan kuteruskan kepada:

1) Mbak Reni
2) Mbak Irma
3) Mbak Clara
4) Mbak Lina
5) Kebookyut

Oke, selamat mengerjakan tugas ya…. Salam penuh kasih selalu.

26 komentar:

Pohonku Sepi Sendiri mengatakan...

wuah.. begidik lihat peernya.. hehe.. tapi mantabh kok..
kata2nya juga nggak kalah keuren.. hehe..
sukses ya mas.. :)

Ivan Kavalera mengatakan...

Wah, PR Tag keren lagi ya mas. Mantap. Selamat juga bagi yang dapet PR hehehehe..

SeNjA mengatakan...

wahhhh,...dapet tag lg ^^
lumayan berat nih hikss....

nanti aku coba ya mas,...

Karumbu mengatakan...

Sahabat memang harus selalu saling mengingatkan. Selamat buat yg dapat tag. Salam.

kebookyut mengatakan...

mas Tjah... itu pe er panjang bener...
keboo mesti semedi 7 hari 7 malem nih...
mau nyari persediaan rumput buat semedi ah...
makasi y... XD

webmaster informations mengatakan...

tag nya panjang juga ea

Fanda mengatakan...

Aku paling suka yang Z. Ayo...semangat!!

nuansa pena mengatakan...

Trims telah dikerjakan! Sebuah nasehat dan motivasi yang hebat! Semuanya hebat, tapi saya sempat terhenti lama di "T" dimana "Telinga dibuat 2 oleh Tuhan daripada mulut yang hanya 1. Harapannya kita bisa lebih mendengar daripada berbicara."

Semoga kita semua dapat melakukannya "lebih mendengarkan daripada bicara yang tanpa makna", karena ini menurut saya sering terjadi, maunya ngomong aja untuk ego kita!

Clara mengatakan...

wah kena tag juga XD
akan ku kerjakan nanti

Darin mengatakan...

Wah wah, kayaknya saya bakal semaput kalo kena tag ini hehe

Lilah mengatakan...

Akhir-2 ini banyak tag beredar ya..wah semakin mantap deh bloggingnya..

munir ardi mengatakan...

dapat PR juga yah mas , dan hasilnya luar biasa banget sebuah tag penuh renungan dan pencerahan

anyin mengatakan...

yang dapet tag selamat ngerjain aja deh... :p

aan mengatakan...

Peer bentuk apa lagi nih??? tapi kereeen lhoo,,
sory nih mas baru mampir,,,

the others.... mengatakan...

Aku dapat tag ya Mas..?
Oke deh aku ambil, tapi ngerjainnya agak telat gak apa-2 to..?

catatan kecilku mengatakan...

Mas Goen... berhasil menyelesaikan PR dg baik nih. Aku bisa gak ya..?

Anggi Zahriyan mengatakan...

Abis ngerjain tugas tang yaa mas?
mantab euy.

tomi mengatakan...

maaf kalo komentar saya tidak sesuai postingan diatas hehe..
mau memberitahukan kalo bro dapat tugas tag about yorself dan tag buku hehe..
mohon dikerjakan ya hehe..

-Gek- mengatakan...

iyaaa.. setuju ma Pohon. Kata2nya Mas Cahyadi keren abieeeessss....!

Seperti biasa, setuju sama yang G.E.K
:)

Ritma mengatakan...

waaaah pe_er yang dikerjakan secara sempurna mas..
hebat..hebat...
sukses yach mas...:-)

bonk AVA mengatakan...

uwhwhwhwhwhaaaaa! mantap p-rnya yak!

berita untuk negri mengatakan...

keren mas guntur,,terselesaikan juga dari a-z saya juga pusing mas,lagi musim tag nih,,

Newsoul mengatakan...

Selamat atas penyelesaian tagnya. Mantap mas. Apa kabarnya sobat....?

fai_cong mengatakan...

selamat udah kerjakan pr.
:D

Lina Marliana mengatakan...

ohhh.. aku kebagian tugas juga nih ?!
Wah, kali ini tugasnya sulit banget deh, tapi sekaligus tantangan buatku nih.. OK mas, tunggu aja yah, aku akan kerjakan tugas ini ASAP (as soon as possible) hehehe...

Btw, baca judul Tagnya kok "Tag Food for Soul", kirain tentang makanan kesukaan kita tadi.. hehehe

yolanda mengatakan...

wah
tag nya memotivasi nih :D