Minggu, 28 Februari 2010

Pengalaman Baru

“Waduh… kok hujan!” teriak batinku ketika turun di dekat terminal Jombor. Padahal selama dalam perjalanan dari Semarang sampai ke Yogyakarta yang memakan waktu 3 jam lebih cuaca baik-baik saja. Mungkin ini pertanda bahwa kehadiranku memang ditunggu-tunggu (eh… ini cuma perasaanku saja lho…). Karena hujan ini pulalah aku jadi bingung, mau naik apa selanjutnya untuk meneruskan perjalananku sampai ke tempat pelatihan jurnalistik di Kaliurang karena saat itu sudah hampir jam 19.30. Ojek? Waduh… kayaknya kok sayang… kan ada laptop dan beberapa lembar pakaian yang harus kulindungi. Setelah menimbang-nimbang, aku memutuskan untuk naik taksi.

Tapi setelah beberapa saat tanya-tanya sopir taksi, aku mengurungkan niatku. Lha bagaimana mau naik taksi kalau mereka memberikan harga 100 ribu? Mahal banget! Yap… itu pula yang aku pikirkan. Akhirnya aku kembali beralih ke tukang ojek, toh hujan juga sudah reda.

Awalnya si tukang ojek menyebutkan angka 15 ribu sebagai ongkos untuk mengangkutku sampai ke tujuan. Tapi malangnya… si tukang ojek tidak tahu persis tempat yang aku tuju, maklum… dalam surat memang tidak tertera alamat yang jelas hanya Wisma Sejahtera 1 Kaliurang. Setelah tanya langsung ke panitia lewat hp… si tukang ojek jadi ngeh… apesnya… dia lalu menaikkan ongkos menjadi 50 ribu dengan alasan tempatnya cukup jauh dan jalannya naik.

Kemahalan gak ya? Ah… udahlah… daripada mikir terlalu lama aku mengganggukkan kepala tanda setuju. Dan sejak itu, si tukang ojek dengan segenap kekuatan memacu motornya, menyalip, goyang kiri, goyang kanan, walau kadang bikin jantung deg-degan, dengan harapan bisa segera sampai ke tujuan.

Piuh… akhirnya… setelah sempat tanya sana-sini (lho… katanya udah tau pak ojek?) aku sampai di tempat tujuan. Leganya… Tapi ternyata acara pelatihan udah mulai. Tak apalah… walau terlambat yang penting bisa sampai dengan selamat… dan yang utama lagi aku harus segera mengisi perut karena semenjak tadi naga di perut ini sudah meronta-ronta dengan hebatnya.

Pelatihan hari pertama (25/02) diisi dengan penjelasan tentang mengapa Pelatihan “Basic Media and Journalism Training for Community Empowerment” ini harus dilaksanakan. Lewat paparannya, Romo Noegroho Agoeng S, Pr yang akrab disapa Romo Agoeng, Ketua Komisi KOMSOS KAS (Komunikasi Sosial Keuskupan Agung Semarang), mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menjawab tantangan serta peluang untuk berkarya dalam berbagai media, baik yang ada di paroki-paroki, kevikepan,keuskupan maupun dalam skala nasional. Harapannya, kita dapat menjadi pewarta-pewarta (penulis) yang semakin handal.

Setelah penjelasan itu, acara disambung dengan perkenalan masing-masing peserta. Ada yang dari Semarang, Surakarta, Sragen, Wonogiri, Klaten dan Yogyakarta. Ada yang sudah membawa pengalaman tetapi banyak pula yang mengungkapkan belum punya pengalaman apa-apa.

Menurut Ibu Widi dari SIGNIS Indonesia yang menggagas pelatihan ini, ada tidaknya pengalaman bukanlah hal yang utama karena di atas semua itu yang paling penting adalah adanya kemauan. Sekecil apapun pengalaman akan sangat berguna. Dan jika hal itu dihargai dan digunakan dengan sungguh-sungguh, pasti akan menghasilkan buah yang berlipat ganda.


Ah, kesan awal yang sangat membahagiakan. Semoga berbagai pengalaman baru di hari ini semakin menguatkan aku dalam mengikuti acara pelatihan di hari-hari selanjutnya.

bersambung

10 komentar:

Rock mengatakan...

Pengalaman yang menarik... Makasih sudah berbagi pengalaman mas...

PORTAL SULSELBAR mengatakan...

PENGALAMAN MENARIK DAN BERMANFAAT. Basic Media and Journalism Training for Community Empowerment” HMMMM...MANTAP.

Lilah mengatakan...

Dari jombor ke kaliurang...jauh banget bok, itu sama aja dah ampe ke kota trus mbalik lg ke desa, tp sukses ya pelatihannya...

fai_cong mengatakan...

wah...
Alhamdulillah sukes yah kang...
pengalamannya menarik...
:D

Fanda mengatakan...

Jadi tertarik sama kegiatannya mas! Di Sby kok ga ada ya (hah..kayak aku kebanyakan waktu aja!!)

aviorclef mengatakan...

-_-_-_-_-_-_-Cosmorary-_-_-_-_-_-_-

*******Salam ‘Blog’!!*******
“Wah asyik juga tuh mas acaranya ..hanya dibalut sama ketidaknyamanan waktu datang ya"hujan. Mas goem, tapi itu jangan2 tuikang ojek junior tuh...ga tahu jalan masa...hem payah deh..."”
-_-_-_-_-_-_-Cosmorary-_-_-_-_-_-_-

catatan kecilku mengatakan...

Pengalaman barunya menarik juga nih mas... Ilmunya pun makin banyak sekarang ya...?

the others.... mengatakan...

ditunggu cerita lanjutannya nih mas, pasti lebih mengasyikkan.

BENY KADIR mengatakan...

Selalu ditunggu sambungannya,Mas.
Selamat bertugas dalam karya pewartaan di paroki.
Moga parokinya makin maju.
Kapan ya,paroki kami di kampung bisa maju seperti parokinya Mas Albert.

Salam hangat selalu,Tuhan memberkati.

Lina Marliana mengatakan...

pelatihan ini tugas dr kantor atau individu mas ? menarik banget..