Jumat, 26 Maret 2010

Hari Ini Ponakanku Bertambah Lagi


Hari masih pagi. Jarum jam dinding belum menyentuh angka tujuh. Tiba-tiba telepon berdering. “Haloo…,” tanya istriku sesaat setelah mengangkat gagang telepon.

“Mbak, Lia perutnya sakit banget. Mungkin bayinya akan segera lahir. Minta tolong ibu untuk menjemput Samuel,” suara di seberang menjelaskan.

Telepon itulah yang menyebabkan suasana pagi ini terasa sangat berbeda dengan pagi-pagi sebelumnya. Ibu mertuaku sempat bingung karena ia belum bersih-bersih rumah. Akhirnya, ayah mertuaku memutuskan untuk tidak ngantor karena harus segera menjemput Samuel, cucunya.

Baru beberapa menit, telepon kembali berbunyi. “Mbak, Lia sudah bukaan lima.” Waduhhh… kok cepet sekali! Dan benar saja, ketika kami (aku dan istriku) sedang nonton tv, telepon pun berbunyi lagi, “Syukurlah mbak, bayinya sudah lahir, laki-laki.”

Gembira, senang, bahagia, tumpah ruah menjadi satu. Hari ini ponakanku bertambah lagi. Ya, bertambah satu hingga jumlah semuanya menjadi tujuh. Dua dari kakakku, laki-laki dan perempuan. Satu, laki-laki, dari adikku. Dua lagi dari adik iparku, laki-laki dan perempuan. Dan yang terakhir, dua laki-laki dari adik iparku yang satunya.

Jujur, sebenarnya ada sepercik kesedihan yang selalu muncul. Giliranku kapan? Kapan istriku akan hamil dan melahirkan anak, padahal pernikahan kami pertengahan tahun ini sudah akan menginjak usia 9 tahun? Semakin memikirkannya, kesedihan itu semakin terasa. Ah, aku tidak layak menuntut hal itu. Bukankah semua itu adalah kehendak Tuhan? Bukankah rencanaNya adalah rencana yang terbaik? Dan saat merenungkannya, aku seolah disadarkan. Hanya kehendakMu yang akan terjadi Tuhan, ucapku dalam hati.

Rasanya, hanya perkenan dan kehendak Tuhanlah yang juga telah terjadi pada adik iparku. Bayangkan, pada tahun-tahun awal pernikahannya, adikku ini pernah mengalami keguguran selama 3 kali. Entah apa penyebabnya. Setelah peristiwa keguguran yang terakhir, beberapa tahun tidak terjadi apa-apa hingga kurang lebih 2,5 tahun yang lalu ia dinyatakan positif hamil lagi. Setelah menjalani proses kehamilan normal, lahirlah ponakanku yang keenam yang diberi nama Samuel Defano. Belum genap satu tahun, rupanya Tuhan sudah memberikan rejeki kembali kepada adik iparku ini dengan kelahiran bayi laki-laki, adik Samuel.

RencanaNya adalah yang terindah. Itu yang selama ini juga kuhayati. Seindah kesempatan yang telah diberikannya kepada kami. Ya, karena belum dikaruniai momongan, hampir seluruh perhatian dan kesibukan, kami curahkan untuk tugas-tugas pelayanan di gereja. Aku dipercaya masuk dalam kepengurusan di gereja dan menangani Tim Kerja Komsos yang tahun kemarin sudah memasuki periode kepengurusan yang kedua. Sedangkan istriku menjadi lektor, membantu tugas pendampingan di PIA dan ikut aktif membantu koor untuk tugas-tugas misa di gereja.

Akhirnya, aku hanya bisa bersyukur atas itu semua. Atas segala kesempatan yang telah diberikanNya untuk keluargaku. Aku dan istriku. Atas hadirnya ponakan-ponakan yang lucu, nakal, dan menggemaskan, yang akan lebih sering memanggilku dengan sebutan pakdhe atau om. Juga untuk ponakan-ponakan lain yang kutemukan dalam tugas-tugas pelayanan di gereja. Syukur dan syukur yang akan selalu kuucapkan untukMu.

note: maaf fotonya kurang 2, satu enggak ketemu dan satunya lagi karena barusan lahir jadi belum sempat difoto...

32 komentar:

megi mengatakan...

amankan pertamaxx ^^

megi mengatakan...

selamat yah sob, dapat keponakan baru ^^
semoga cepat dapet momongan. amin ^^

megi mengatakan...

oh ya, prnya sudah dikerjakan, maaf baru sempat, dinilai yah ^^

inge / cyber dreamer mengatakan...

iiiiih megi curaaaang! 1 2 3 diembat.... huuuuu...
*dijitak Om Goen, gara2 rame*

btw... selamat yah Om... dpt ponakan baru...
semangat Om... semoga cepet dapet momongan... ^^
*bisik2 biar adek kecilna g kaget*

Rock mengatakan...

Wahhh... selamat ya mas goen dapat ponakan baru...

Ivan Kavalera mengatakan...

Wah, manis-manis ya keponakannya mas Gogon. Imut-imut..

munir ardi mengatakan...

lucu-lucu ya ponakannya, Semoga segera dapat juga Mas

setiakasih mengatakan...

Syukur kepadaNya yang memberikan rejeki.

Selamat ya!

Seiri Hanako mengatakan...

Puji TUHAN
selamat atas ponakan barunya

masih tetep utang foto ponakan yang belum tampil lho..

hehehehe

fai_cong mengatakan...

Ew... Imut kang..
Selamat ya kang..
Semoga secepatnya diberikan anak ya kang...

Clara mengatakan...

selamat ada keponakan baru ^^

Yunna mengatakan...

aku kemarin juga baru tamah adik sepupu baru.....

bonk ava mengatakan...

waaahhhh, selamat punya keponakan baruuuuu!!! semoga sehat keponakannyaa!

aura keyboard mengatakan...

Semoga Pak Goen juga segera mendapatkan anak! Amin!

Lina Marliana mengatakan...

wah..selamat nih, nambah ponakan lagi.. Untuk mas Goennya sendiri kapan nih ??? :Dbe

Agung Aritanto mengatakan...

waaaah selamat yaaaaaaa


btw foto ponakannya lucu-lucu

anyin mengatakan...

selamat ya mas goen....

a-chen mengatakan...

selamat mas...

buwel mengatakan...

moga nanti bertambah lagi.. :-)

aan mengatakan...

ponakan yang manis..

harto mengatakan...

waaah selamat yaa sob... dapat keponakan baru, semoga menjadi anak yang pintar, cerdas berbakti pada orang tua dan berguna bagi nusa dan bangsa.

Seiri Hanako mengatakan...

buat ponakannya
Seiri mo ngasih xanxivera

di jemput ya

catatan kecilku mengatakan...

Sabar mas... Semoga tak lama lagi giliran mas Goentoer yg menimang buah hati. Amin.
Selamat utk kelahiran keponakannya ya...

Pohonku Sepi Sendiri mengatakan...

selamat mas dapet keponakan barunya..
semoga tak lama lagi mas cahyadi dikarunia momongan ya.. :)

yanuar catur rastafara mengatakan...

ehmmm tambah rame tuh kayaknya
lebaran jadi mezti siap2 yang lebih kang, angpaonya
hehehehe

nietha mengatakan...

cute-cute deh ponakannya.. aku kapan yah punya baby? ga nyambung dot com.hehehehe

merawat dan memperbaiki komputer mengatakan...

selamat ya kawan,dapet ponakan baru

Fais cWaKep mengatakan...

Selamaat buat ponakan barunya...
N smoga aja anda bisa mnyusuL...

info dalam kubus mengatakan...

semoga keponakanya makin rame sahabat..

aktifis sandal jepit mengatakan...

nambah koleksi ponakan ya sob...
semakin kemriyek aja ni.makin rame makin asyik sobat...

Darin mengatakan...

wah asik ya mas, tambah lagi yang manggil 'oom' hehe.
semoga jadi anak yang berbakti..amiin.

Ngeposting ni yee mengatakan...

selamat ya sObat,,
jadi nambah ni keponakannya,,
salam kenal ya sObat..

saya tertarik dengan bLog sObat.

gimana kita kalau bertukar link sObat??