Rabu, 10 Maret 2010

Tentang Aku

Aku lahir, tumbuh, dan dibesarkan dalam sebuah keluarga yang sederhana. Ayahku, pegawai negeri sipil dari Dinas Pekerjaan Umum atau DPU (yang kini telah pensiun) sedangkan ibuku, hanya ibu rumah tangga biasa. Aku anak kedua dari empat bersaudara. Kakakku, laki-laki, bersama dengan istri dan kedua anaknya, sulung laki-laki dan bungsu perempuan, sekarang tinggal di Kudus. Adikku yang pertama, laki-laki, juga telah menikah dan mempunyai satu anak laki-laki. Saat ini mereka berdomisili di Cikarang. Sementara adikku yang bungsu, perempuan, belum menikah, masih tinggal bersama orang tua di sebuah desa di tengah kota Semarang yang bernama Lempongsari.

Pertengahan tahun ini, aku akan memasuki usia pernikahan yang ke-9 tahun. Dalam rentang waktu itu banyak suka duka yang sudah aku alami. Senang, sedih, kecewa, marah, dan berbagai perasaan yang lain. Berbaur menjadi satu. Membentuk sebuah simfoni kehidupan yang begitu indah. Sungguh, aku bersyukur karenanya. Meski saat ini aku masih menumpang di rumah mertuaku. Meski saat ini Tuhan belum mengaruniakan momongan untuk keluargaku. Namun, aku tetap percaya bahwa rencanaNya adalah rencana yang terbaik dan terindah untuk keluargaku.

Jujur, awalnya, aku adalah orang yang pemalu dan cenderung rendah diri. Sering, aku takut jika harus bertemu dan berhadapan dengan orang lain karena tidak tahu harus ngomong apa. Aku juga pendiam dan tidak banyak bicara. “Ora muni yen ora dithuthuk (tidak bicara kalau tidak diajak bicara),” demikian sebuah ungkapan dalam bahasa Jawa. Perasaan ini bertahun-tahun menggangguku hingga suatu saat aku membulatkan tekad untuk mengatasi semua ini. “Aku harus menghadapi ketakutanku dan mengalahkannya!” jeritku, lantang. Dan syukurlah, sejak saat itu, perlahan namun pasti aku mampu meminimalisir semua perasaan itu.

Secara fisik, aku bisa dikatakan cukup ganteng (itu kata ibuku lhooo…) dan termasuk dalam kelompok yang menamakan dirinya KUTILANG. Bukan nama seekor burung tapi KUTILANG adalah singkatan dari KUrus, TInggi, dan LANGsing. Mungkin inilah yang menjadi salah satu sebab mengapa aku merasa rendah diri. Apalagi pas masanya duduk di bangku SMA. Aku sering iri kalau melihat teman-temanku yang bertubuh atletis, yang menyebabkan mereka gampang mencari cewek untuk dijadikan pacar. Aku? Boro-boro… Kisah cintaku masa SMA hanyalah kisah cinta yang kupendam dalam hati karena aku tidak pernah berani menyatakannya… Dan karena kurus itulah, aku melakukan berbagai cara untuk memperbaiki bentuk tubuhku agar terlihat ideal. Minum jamu penambah berat badan, minum susu berprotein tinggi, makan buah pepaya secara teratur, hingga menambah porsi makan. Namun semuanya tidak mampu memenuhi keinginanku. Kalaupun sempat naik, beberapa hari kemudian pasti akan turun lagi. Akhirnya, aku sadar. Aku harus menerima apa yang sudah dikaruniakan Tuhan dan selalu bersyukur karenanya. Walau kurus, bukankah aku sehat dan tidak gampang sakit? Aku jadi gampang bergerak ke sana ke mari dan lebih bersemangat dalam memberikan pelayanan untuk gereja dan umat?

Berbicara masalah pelayanan, saat ini aku diserahi tanggung jawab sebagai Koordinator Tim Kerja KOMSOS. KOMSOS singkatan dari Komunikasi Sosial. Secara umum tugasnya adalah untuk mengkomunikasikan segala hal yang terjadi di lingkungan gereja dan di luar gereja. Entah dari romo kepada umat, umat ke romo, atau antara umat dengan umat. Dan untuk mendukung upaya tersebut, Tim Kerja KOMSOS mempunyai 4 bidang kegiatan yaitu: penerbitan majalah yang dikenal dengan nama BERKAT singkatan dari BERita KATedral, pemutaran film untuk keluarga dalam SIKKAT atau SInema Keluarga KATedral, pengelolaan PUSKAT atau PerpUstakaan KATedral, dan website paroki yang beralamat di www.katedralsemarang.or.id.

Satu hal yang menjadi fokusku saat ini adalah menjadi penulis. Penulis yang baik dan berhasil. Tentu untuk mencapai hal itu dibutuhkan kerja keras dan pengorbanan yang tidak sedikit. Oleh karena itu, aku harus menulis setiap hari.

Upsss… akhirnya selesai sudah tulisanku Tentang Aku. Terima kasih untuk mbak Eka yang telah memberikan Tag 7 hal tentang diri sendiri ini. Maaf, kalau tidak sesuai dengan petunjuk. Selanjutnya, aku akan memberikan sebuah award untuk semua sahabatku dan kepada siapa saja yang berkunjung ke rumahku ini. Kehadiran dan dukungan kalian sungguh sangat berarti, menjadi sumber inspirasi dan memberi semangat dalam setiap karyaku. Salam kasih untuk kalian semua.

27 komentar:

Clara mengatakan...

wah temenku aaja kutilang mas, dia tetep pede kok ^^

munir ardi mengatakan...

jadi tahu lebih banyak tentang mas oh iya awardnya cantik langsung kuboyong untuk diposting mas

Referensi blog mengatakan...

selamat malam mas ini tag ya wah wah rupanya tag masih terus berlanjut ya

Ello Aristhosiyoga mengatakan...

Yap, kita harus meman percaya bahwa sesuatu bakal indah pada waktunya.

Mar goen nggak usah minder dng fisik mas goen. Malah pekerjan mas untuk gereja adalah pekerjaan mulia, yang membuat banyak orang akan 'iri' karena tak mampu melakukannya. Trus memang kok mas goen saat ini udah jadi penulis hebat.

BTW, aku doakan supaya cepet dapat momongan.

seo blogger mengatakan...

datang brkunjung dengan membawa tips dan trik tentang SEO

Darin mengatakan...

berarti senasib dengan saya pak :) gimana kalau kita bikin komunitas blogger kutilang? hehe.
betul, semua harus disyukuri, banyak juga lho orang2 gemuk yang pengen kurus..jadi ya sawang sinawang lah kalo orang jawa bilang :)
Yang penting sehat walafiat..itu berkah yang tiada terhingga.
Salam.

NURA mengatakan...

siang sobat
wah cukup lama juga ya mas,,usia pernikahannya,
selamat sudah memasuki ke 9 th ..
semoga bahagia dan selalu rukun sampai kakek nenek...

Bahauddin Amyasi mengatakan...

Wah, menulis dengan hati..
Indah banget ya..

kalau Bapak KUTILANG, saya malah KULANG aja alias kurus langsing tanpa tinggi. hehe...

Tapi benar kata Mbak Clara, pede aja deh. hehe...

-Gek- mengatakan...

lengkap ya Mas.. :)

Wawank mengatakan...

selamat kak!

Rock mengatakan...

Selamat siang mas Goen...

Pohonku Sepi Sendiri mengatakan...

hehe.. dapat tag ini juga ya mas..
selamat udah berhasil dikerjakan..
salut dgn semangat utk menjadi penulis mas.. :)

Fanda mengatakan...

Mas Goen yg kutilang...berbahagialah punya tubuh yg tinggi, kurus dan langsing, banyak yg mendambakan punya profil kayak gitu loh! hehehe...

Semoga impian sbg penulis bisa cepat terwujud ya!

Eh, aku bawa pulang ya award menulis dengan hati-nya. Buat menambah semangat menulis nih! Makasih...!!

Piet Puu mengatakan...

wew....
HAPPY ANIVERSARY yang 9th
semoga terus romantis..
ampe aki nini ^^

Seiri Hanako mengatakan...

oh jadi tahu banyak niy..

ku doakan semoga cepat dapat momongan..

amin..

Seiri Hanako mengatakan...

makasih awardnya...

the others mengatakan...

Wah, jadi makin kenal dg Mas Goen nih...
Oya, awardnya aku ambil juga ya..? Thanks..

catatan kecilku mengatakan...

Setelah kita bisa menerima diri kita apa adanya, maka kita akan bisa merasa bahagia dan mampu mensyukuri nikmatNYA. Bener kan mas..?

aan mengatakan...

mas minta awardnya,,akhir bulan sy posting,,mksh

EKA LIANAWATI mengatakan...

hehehee....gak ada penilaian sesuai apa ndak koq, mas....just for fun aja dan supaya lebih tau tentang kita masing2 aja.... :p
btw, abis ini ada tag lagi yang bakal aku kasi ni, baru aja dapet 2 PR dari blogger laen, tapi belum sempet dikerjain jadi belum aku "bagi" juga ....hehehe...

ichaelmago mengatakan...

"aku tetap percaya bahwa rencanaNya adalah rencana yang terbaik dan terindah untuk keluargaku."

betul sekali :D
Tuhan tau apa yang terbaik buat kita, walaupun kita pikir itu kurang "pas". tapi cobalah mensyukuri apa yang kita punya dulu saat ini :)

anyin mengatakan...

iyaaa mas goen emang langsiing ahahahahw

Ivan Kavalera mengatakan...

Wah, aku jadi tahu banyak tentang mas. Tagnya keren.

BENY KADIR mengatakan...

Selamat pagi,Mas.
Akhirnya,bisa juga aku masuk di kolom komentarnya.
Bersyukurlah terhadap apa yg kita miliki ya,Mas.
Semua akan menjadi indah pada waktunya.
Tugas di komsos tentu sesuai dgn kemampuan Mas Albert.
Semoga sukses selalu.

NURA mengatakan...

siang sobat
berkunjung lagi mas,,
baca tentang mas lagi nih,,

ninneta mengatakan...

Hai...

apa kabar sahabatku... Semoga hari mu menyenangkan...

Aku ada award untukmu.... silahkan diambil...

disini nih : http://moody-ninneta.blogspot.com/2010/03/aku-mengasihimu.html

sebarkanlah sebanyak yang kaau mau sahabat.....


aku mengasihimu....


Ninneta

Lina Marliana mengatakan...

wah.. ada Tag yg harus menceritakan kisah hidup juga yah.. hehehe, bagus tuh.. jadi bisa lebih mengenal pemilik blog.
Semoga sukses dengan cita2nya tuk jadi penulis yah mas... :)