Selasa, 16 Maret 2010

Tuaian Memang Banyak, Tetapi Pekerja Sedikit


Ungkapan itulah yang tertulis dalam Injil Lukas 10:2. Sebuah ungkapan yang rasanya pas sekali dengan perkembangan Tim Kerja Pendampingan Iman Anak di paroki kami, Paroki Katedral Semarang. Banyak anak yang perlu mendapat pendampingan untuk pertumbuhan imannya tetapi hanya sedikit pribadi yang terpanggil untuk menjadi pendamping bagi anak-anak. Dalam banyak kesempatan, yang sering terlibat hanya ‘itu-itu’ saja baik di lingkungan maupun di paroki. Yang lebih memprihatinkan lagi, masih banyak lingkungan yang tidak ada kegiatan pendampingan bagi anak-anak.

Namun itulah tantangan kami. Tantangan yang mesti dijawab dengan kerja keras. Memang, kami kadang merasa letih, enggan, tidak punya harapan, sia-sia segala yang sudah kami upayakan, tetapi ketika melihat wajah anak-anak, semua itu sirna berganti dengan semangat yang menyala-nyala karena di pundak merekalah terletak masa depan gereja.

Berlatar belakang hal tersebut, kami kembali mengadakan rekoleksi untuk pendamping dan calon pendamping anak-anak (PIA) di Gua Maria Kerep Ambarawa, 15 dan 16 Maret. Selain untuk penyegaran, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mencari generasi baru pendamping iman anak, di tingkat lingkungan dan paroki.

Lagi-lagi, kami harus menerima kenyataan. Dari 35 lingkungan yang kami tawari, tidak sampai seperlimanya yang menyatakan diri untuk ikut mengirimkan perwakilannya. Banyak alasan yang dikemukakan. Masalah waktu yang tidak cocok karena berbarengan dengan kegiatan lain yang lebih penting hingga tidak adanya pribadi yang mau terlibat.

The Show Must Go On. Itulah yang kami lakukan. Harapan kami, meski hanya sedikit yang ikut (tentunya ini tidak sesuai dengan harapan), kami harus tetap semangat dan lebih bersemangat. Sedikit tetapi berkualitas akan lebih berarti daripada banyak namun tak berbuah apa-apa. Dan satu hal yang tetap harus kami lakukan, mendaraskan doa kepadaNya agar ada lebih banyak pribadi yang terketuk hatinya untuk melanjutkan pelayanan ini. Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit, karena itu mintalah kepada Tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu.

22 komentar:

SEO blogger mengatakan...

berkunjung teman

ivan kavalera mengatakan...

Pokoknya tetap semangat mas.

cyber dreamer mengatakan...

tetap semangaaat ^^

aku follow dan link ya :)

TRIMATRA mengatakan...

pahala memang selalu butuh pengorbanan dan susah payah untuk meraihnya...

aan mengatakan...

berkunjung mas,,
met malaam..

Clara mengatakan...

sama Mas, di daerah ku pun gitu, dalam satu lingkungan yg aktif hanya beberapa. sayang sekali ya.

Munir Ardi mengatakan...

selamat malam pak jangan perah putus asa menyebarkan kebaikan

merawat dan memperbaiki komputer mengatakan...

maju terus kawan..
tetap semangat..

info dalam kubus mengatakan...

postingan di blog mas gun ini selalu memberi pesan semangat bagi pembacanya...

terimakasih sudah berbagi sahabat..

kebookyut mengatakan...

semangat mas!!!
kalo tuaiannya dipromosikan pasti peminat jadi makin banyak.. hehehe

fai_cong mengatakan...

selamat siang pak..
jangan menyerah pak..
semangat..

catatan kecilku mengatakan...

Tetap semangat mas...! ^_^

the others... mengatakan...

Makin tak mudah mencari orang yang mau bekerja utk kepentingan orang lain ya..?

anyin mengatakan...

sukses ya mas goen... kan udah bertekat tuh^^

Darin mengatakan...

tantangan adalah warna kehidupan. memang betul itu: life must go on :)
maju terus mas go2n!

Piet Puu mengatakan...

umm ka, sebelumnya piet mau jujur.
piet kurang paham sm arti dari tuaian
apa itu tuaian...???


piet suka wordnya
"the show must go on"
^__^
SETUJU

KucingTengil mengatakan...

asik banget ya, bisa melakukan kegiatan bersama2 dalam kebaikan. semangat!!!

nuansa pena mengatakan...

Selamat malam Pak Goen, baca pencerahan!

nuances pen mengatakan...

berkunjung sobat! selaat malam!

aura keyboard mengatakan...

Mampir, untuk memperkenalkan diri!

Lina Marliana mengatakan...

Semoga apa yang sedang dikerjakan bisa lancar dan sukses yah mas.. :)

Lina Marliana mengatakan...

Semoga apa yang sedang dikerjakan bisa lancar dan sukses yah mas.. :)